PELATIHAN TEKNIS SUBSTANTIF PUBLIKASI ILMIAH GURU MTs NEGERI 1 PURWOREJO

Purworejo, Oktober 2020. Pelaksanaan Teknis Substantif Publikasi Ilmiah untuk guru MTs N 1 Purworejo yang dilaksanakan selama 5 hari mulai dari tanggal 12-16 Oktober 2020 resmi dibuka oleh PLT Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purworejo Drs. H. Farid Solihin, MM.Pd. pada Hari Senin, 12 Oktober 2020 pada pukul 08.00 WIB  diikuti oleh 63 orang guru-guru MTs N 1 Purworejo dan guru MI di Kabupaten Purworejo.

Diklat ini diselenggarakan oleh MTs N 1 Purworejo bekerja sama dengan Balai Diklat Keagamaan Semarang untuk dapat memacu dan mendorong kualifikasi kompetensi profesionalisme guru dalam bentuk peningkatan kemampuan dalam melakukan publikasi ilmiah. Materi-materi Pelatihan  Teknis Substantif Publikasi Ilmiah ini di antaranya adalah konsep dasar publikasi ilmiah, publikasi ilmiah bentuk laporan hasil penelitian, publikasi ilmiah bentuk makalah tinjauan ilmiah, kebijakan diklat tenaga teknis pendidikan dan keagamaan, publikasi ilmiah bentuk buku, dan publikasi ilmiah bentuk tulisan ilmiah populer.

Antusias peserta sangat tinggi, karena mereka merasakan bahwa selama ini yang menjadi hambatan terbesar mereka dalam mengusulkan PAK untuk kenaikan pangkat adalah masalah publikasi ilmiah.  Melalui diklat ini, paling tidak guru sudah dapat memperoleh angka kredit dari Program Pengembangan Keprofesionalan Berkelanjutan yaitu memenuhi  aspek pengembangan diri melalui Diklat dan aspek publikasi Ilmiah, jika guru selepas mengikuti kegiatan PKB dapat melakukan publikasi ilmiah baik dalam bentuk artikel ilmiah yang diterbitkan dalam jurnal, melakukan kegiatan publikasi ilmiah pada seminar dengan membuat makalah ilmiah atau menyusun buku ajar dan buku umum sesuai dengan persyaratan yang ditentukan.