GURU MTs NEGERI 1 PURWOREJO IKUTI WORKSHOP ASESMEN PEMBELAJARAN BERBASIS KOMPUTER TAHUN 2021

Kamis (30/9/2021), MTs Negeri 1 Purworejo mengadakan kegiatan Workshop Asesmen Pembelajaran Berbasis Komputer di Aula madrasah. Kegiatan dilaksanakan selama tiga hari mulai 30 September sampai 02 Oktober 2021, diikuti seluruh guru. Workshop dilaksanakan pasca pelaksanaan PTS semester ganjil yang berakhir 29 September 2021. Bersamaan dengan kegiatan tersebut seluruh siswa mendapat tugas dari madrasah untuk melakukan kegiatan “Pengembangan Riset’ secara PJJ dalam bentuk penyusunan proposal ilmiah sesuai arahan tim pembimbing program riset madrasah.

Acara dibuka secara resmi oleh Kasi Pendidikan Madrasah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purworejo Dra. Hj. Zamkhoni, mewakili Kepala Kantor yang kebetulan berhalangan hadir. Dalam sambutannya Ibu Dra. Hj. Zamkhoni menyambut baik dan sangat mengapresiasi kegiatan tersebut, “Saya bangga dan senang sekali, kepala madrasah telah bergerak cepat untuk melakukan terobosan dan inovasi-inovasi baru dengan memberdayakan SDM yang ada di MTs N 1 Purworejo melalui kegiatan ini.” ungkapnya

Sebelumnya, Dr. H. Munawir, S.Ag. M.Pd. selaku kepala madrasah, dalam sambutannya menyampaikan bahwa upaya peningkatan prestasi akademik peserta didik mutlak diperlukan kualitas perencanaan, proses dan asesmen pembelajaran yang representatif, dan itu semua harus dimulai dari peningkatan kompetensi guru. “Dalam konteks asesmen pembelajaran, madrasah perlu terus meng-upgrade kompetensi guru baik dalam tataran konsepsi maupun aplikasi. Secara konseptual, guru perlu terus dikembangkan pemahamannya tentang asesmen, karena fakta di lapangan masih terjadi miskonsepsi yakni guru lebih terfokus pada Assessment of Learning (ulangan sumatif) saja dan kurang memperhatikan Assessment for Learning dan Assessment as Learning. Sedangkan secara aplikatif, guru perlu meningkatkan kemampuan dalam merancang asesmen pembelajaran berbasis Teknologi Informasi. Guru harus mampu beradaptasi dengan kemajuan teknologi di era serba digital.” paparnya.

Kegiatan workshop menghadirkan narasumber sesuai yang dibutuhkan, penilaian berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skills), oleh Ibu Tatik Pudjiani, S. Ag., M.Si dan penyusunan platform Asesmen Pembelajaran Berbasis Komputer oleh Tim Instruktur dari Perguruan Tinggi. Semua disajikan dalam teori dan praktik. Selama kegiatan, para peserta workshop terlihat semangat dan antusias mengikuti setiap ‘menu’ yang disajikan para pemateri.

Pada hari ketiga, acara ditutup secara resmi oleh Kepala Kantor Kementerian Agama kabupaten Purworejo, Bapak H. Fatchurrohman, M.Pd. I. Dalam pidatonya beliau sangat mengapresiasi sekaligus memberi motivasi pada seluruh peserta workshop. “Kita ini hidup di jaman serba digital, oleh karena itu sebagai guru harus mengikuti perkembangan dan mampu berdaptasi dengan kebutuhan masyarakat modern dengan meningkatkan kompetensi-kompetensi manusia abad XXI, tentu saja tanpa meninggalkan karakteristik kemadrasahan kita,” paparnya.
Acara diakhiri dengan doa dengan harapan diselenggarakannya kegiatan Workshop Asesmen Pembelajaran Berbasis Komputer ini dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dan meningkatnya prestasi peserta didik MTs Negeri 1 Purworejo. (/rd)

Foto rangkaian kegiatan:

Pembukaan Kegiatan Workshop
Pemaparan materi berkaitan dengan penilaian berbasis HOTS
Praktek Penyusunan penilaian berbasis HOTS
Pemaparan platform Asesmen Pembelajaran Berbasis Komputer oleh Tim Instruktur dari Perguruan Tinggi
Praktek penggunaan platform asesmen
Penutupan workshop ditutup oleh Kepala Kantor Kementerian Agama kabupaten Purworejo, Bapak H. Fatchurrohman, M.Pd. I