MTs NEGERI 1 PURWOREJO LUNCURKAN EMPAT PROGRAM UNGGULAN

Yogyakarta, Selasa 5 Juli 2022 – MTs Negeri 1 Purworejo mengadakan Launching Program Unggulan di Nueve Malioboro Hotel Hall. Acara diikuti oleh seluruh civitas akademika Matsanesa. Hadir pula para tamu undangan, yakni Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purworejo Bapak H.Fatchur Rohman, M.Pd.I, Kasi Penma Kankemenag Kabupaten Purworejo Ibu Dra.Hj Zamkhoni, Ketua dan Pengurus Komite Bapak K.H Mahmud, RH.BA dan Bapak Drs.H. Harwal Masyuda, serta pengawas madrasah Bapak H. Sutarja, S.Pd,M.Ag., M.Pd.

Kepala MTs Negeri 1 Purworejo Bapak Dr. H. Munawir, S.Ag., M.Pd, dalam sambutannya mengatakan bahwa dalam rangka menerjemahkan dan merealisasikan visi misi madrasah, MTs Negeri 1 Purworejo akan terus melakukan penguatan sistem pendidikan dan pembelajaran dengan melakukan inovasi-inovasi yang berbasis kebutuhan masyarakat, salah satunya yaitu dengan membuka program unggulan; Boarding School Tahfidz (BST), Boarding School Research (BSR), Billingual Fullday School (BFS) dan Information and Technology Class (ITC).

Kepala Madrasah menyampaikan, peluncuran program-program ini merupakan wujud keseriusan madrasah dalam melayani peserta didik untuk dapat mengembangkan bakat dan minat sesuai dengan passion mereka. Harapannya dengan adanya program unggulan ini dapat meningkatkan kemampuan tahfidz, riset dan kemampuan bahasa asing (Bahasa Inggris dan Bahasa Arab), serta pembinaan karakter diniyyah pada seluruh peserta didik agar siap menghadapi era globalisasi dengan tetap berjiwa qur’ani.

Bapak Kamad juga memotivasi sekaligus ‘mewanti-wanti’ pada seluruh guru dan pegawai untuk tidak alergi terhadap perubahan. Sambil mengutip salah satu hadits Nabi, beliau mengatakan ‘kalau tidak ingin mengalami kerugian besar maka madrasah harus terus melaju ke arah yang lebih baik, hari ini harus lebih baik dari hari kemarin’, sambungya. Perubahan yang diraih harus berekspektasi tinggi, tidak hanya sekedar berubah dan berbeda tetapi harus dilandasai dengan rencana yang jelas, terarah dan terukur, jadi tidak sekedar nekad atau waton suloyo. Dan untuk mencapai hal tersebut harus ada sinkronisasi dan harmonisasi dari seluruh pihak yang terlibat. “Perlu bergerak progresif dan adaptif, jangan kagetan dan gumunan apabila sewaktu-waktu ada yang berubah. Sesuai dengan tema launching program kali ini, Change for The Best!  Maka semua harus siap untuk berubah menjadi lebih baik, karena di dunia ini yang tidak berubah adalah perubahan itu sendiri.”, tutur Bapak H. Munawir.

Pemaparan program unggulan disampaikan langsung oleh masing-masing koordinator. Boarding School Tahfidz (BST) disampaikan oleh Ibu Ratna Ulfatul Fuadiyah, S.Th.I, Boarding School Research (BSR) oleh Bapak Dr. H. M.Arwani, S.Pd.,M.Pd., Billingual Fullday School (BFS) oleh Bapak Drs. H. Sujanmo Budi Susilo, M.Pd (Bahasa Inggris) dan Ibu Sumidah S.Ag.,M.Pd (Bahasa Arab), dan Information Technology Class (ITC) oleh Ibu Hj. Siti Nurhayati, S.Pd.,S.Kom.

Acara launching ini dibuka secara resmi oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Bapak H.Fatchur Rohman, M.Pd.I M. Ag., dengan pemukulan gong dan membunyikan sirene sebagai tanda resminya program ini siap dilaksanakan. Dalam arahannya, beliau berharap kepada seluruh civitas akedemika Matsanesa, “Dengan adanya launching program unggulan ini akan memperkuat kebersamaan kita, sebagai dasar mengembangkan kemampuan peserta didik dalam menghafal Al-Qur’an sehingga dapat menjadi Hafidz Hafidzah. Selain itu diharapkan pula peserta didik mampu melakukan penelitian di lingkungan sekitar, serta dapat berkomunikasi menggunakan bahasa asing dalam menghadapi era global sehingga ini akan memperkuat nilai tawar madrasah di masyarakat.” tuturnya.

Acara ditutup dengan do’a dipimpin oleh ketua komite MTs Negeri 1 Purworejo, Bapak K.H Mahmud, R.H,B.A. Diharapkan dengan dilangsungkannya progam unggulan madrasah ini dapat mencetak generasi yang siap untuk berkontribusi melakukan perubahan-perubahan yang baik untuk keluarga, lingkungan, bangsa dan negara. MTs Negeri 1 Purworejo Jaya! Matsanesa Change for The Best !