EVALUASI DIRI MADRASAH (EDM)

Purworejo (14/7), Madrasah Negeri 1 Purworejo telah melaksanakan Evaluasi Diri Madrasah (EDM) di Aula Koperasi Hikmah Purworejo, yang diikuti oleh seluruh Stakeholder MTsN 1 Purworejo, pada hari Kamis – Jumat, tanggal 13 – 14 Juli 2023.

Evaluasi Diri Madrasah (EDM) adalah suatu proses penilaian mutu penyelenggaraan pendidikan yang dilakukan oleh Tim Pengembang Madrasah berdasarkan indikator-indikator kunci yang mengacu pada 8 Standar Nasional Pendidikan (SNP). Adapun Ketua Tim Pengembang Madrasah (TPM) MTsN 1 Purworejo Tahun 2023 adalah Dr. Muhamad Arwani, S.Ag., M.Pd.

Kegiatan EDM ini dibuka oleh Dr. H. Munawir, S.Ag., M.Pd. selaku Kepala MTsN 1 Purworejo. Sebelum membuka kegiatan EDM, beliau memberikan arahan sekaligus motivasi agar semua  Stakeholder MTsN 1 Purworejo dapat melaksanakan seluruh kegiatan madrasah dengan ikhlas, berlandaskan hati yang bersih. Semua kegiatan yang akan dilaksanakan hendaklah dibuat perencanaan terlebih dahulu, dan jangan berhenti jika target belum terpenuhi.

Pada kegiatan EDM juga menghadirkan Narasumber yaitu H. Sutarja, S.Pd, M.Ag., M.Pd. selaku Pengawas MTsN 1 Purworejo, dengan materi 1) Urgensi Penyusunan EDM dan e-RKAM, 2) Rekomendasi EDM dan RKAM.

Kegiatan EDM ini dilaksanakan selama 2 hari dan peserta dikelompokkan menjadi 8 kelompok. Pada hari pertama masing-masing kelompok mengumpulkan data-data sesuai dengan bukti fisik yang ada pada butir-butir soal pada 8 SNP tersebut.

Sedangkan kegiatan pada hari ke dua, yaitu mengaploud data-data yang telah dikumpulkan sesuai denga butir-butir soal pada 8 SNP. Kemudian dilanjutkan dengan kegiatan Penyusunan RKAM oleh TPM.