WORKSHOP KOSP dan IN HOUSE TRAINING (IHT) IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA (IKM) MTs Negeri 1 Purworejo Tahun Pelajaran 2023/2024

Purworejo (15/7), Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Purworejo telah melaksanakan Workshop KOSP dan In House Training (IHT) Implementasi KBM Kurikulum Merdeka MTs Negeri 1 Purworejo Tahun Pelajaran 2023/2024  pada hari Sabtu, 15 Juli 2023 di Aula Koperasi Hikmah, yang diikuti oleh seluruh guru MTsN 1 Purworejo.

Kegiatan Workshop dan IHT ini merupakan pelatihan internal madrasah yang diselenggarakan MTs N 1 Purworejo,  dalam rangka untuk meningkatkan kompetensi guru dalam mengimplementasikan KBM Kurikulum Merdeka pada Tahun Pelajaran 2023/2024. Sebagai Narasumber pada kegiatan ini adalah H. Sutarja, S.Pd., M.Ag., M.Pd.  dan Rizqi Rahmat Hani, M.Pd. dari Kampus Pemimpin Merdeka.

Pada kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Dra. Hj. Zamkhoni selaku Kasi Penma Kemenag Kabupaten Purworejo. Pada awal  sambutannya beliau menyampaikan apresiasi terhadap seluruh Stakeholder MTsN 1 Purworejo dibawah kepemimpinan Dr. H. Munawir, S.Ag., M.Pd. yang semakin solid dan memiliki semangat luar biasa, sehingga MTsN 1 telah ditetapkan sebagai Madrasah Unggulan. Beliau juga berpesan agar seluruh guru bisa dimanfaatkan dalam arti dikinerjakan jangan sampai ada guru yang tidak diberi tugas. Selanjutnya beliau juga menyampaikan bahwa KSM tingkat kabupaten Purworejo kemarin sudah dilaksanakan di MTsN 1 Purworejo, dan berharap agar peserta KSM dari Purworejo nantinya bisa maju ke tingkat Nasional.

Kegiatan Workshop dan IHT ini diikuti oleh seluruh peserta  dengan sangat antusias, karena materi tentang IKM ini sangat ditunggu-tunggu oleh seluruh peserta. Materi juga disampaikan dengan menarik dan tidak membosankan karena sekaligus mempraktikkan bagaimana model-model pembelajaran pada Kurikulum Merdeka. Seluruh peserta juga ikut terlibat langsung dan berperan aktif. Secara lebih detail Narasumber juga menjelaskan bagaimana pelaksanaan P5 pada IKM yang benar, mulai dari pembagian alokasi waktu (JP) sampai dengan tahapan-tahapan kegiatan yang seharusnya dilaksanakan, agar tujuan dari P5 tersebut dapat terwujud, yaitu menumbuhkan karakter-karakter yang diharapkan pada peserta didik.

Dari materi dan cara penyampaian Narasumber pada kegiatan Workshop dan IHT kali ini sangat bermanfaat bagi seluruh guru MTsN 1 Purworejo dalam mempersiapkan KBM Kurikulum Merdeka pada Tahun Pelajaran 2023/2024, serta pelaksanaan P5 yakni bagaimana caranya merancang aktivitas yang dapat menstimulasi tumbuhnya karakter pada peserta didik.