MTs N 1 Purworejo Adakan Upacara Serah Terima Jabatan Kepala Madrasah

Purworejo, 5 Juli 2024 – Pada hari Jumat, MTs Negeri 1 Purworejo menggelar acara serah terima jabatan Kepala Madrasah dari Dr. H. Munawir, S.Ag., M.Pd., kepada H. Wahyu Tri Wijayanto, S.Pd., M.Pd. Acara yang berlangsung khidmat ini dihadiri oleh sejumlah pejabat Kementerian Agama Kabupaten Purworejo, guru, staf, serta perwakilan dari komite sekolah.

Acara dimulai dengan membaca surat Al-Fatihah, menyanyikan lagu Indonesia Raya, serta Mars Madrasah. Prosesi serah terima jabatan ditandai dengan penandatanganan berita acara oleh kedua belah pihak, disaksikan oleh para tamu undangan. Dr. Munawir secara simbolis menyerahkan buku kerja madrasah kepada H. Wahyu Tri Wijayanto, S.Pd., M.Pd., yang diterima dengan penuh rasa tanggung jawab.

Setelah serah terima jabatan, acara dilanjutkan dengan sambutan-sambutan. Sambutan pertama disampaikan oleh kepala madrasah lama, Dr. H. Munawir, S.Ag., M.Pd. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan rasa syukur dan terima kasih atas dukungan dan kerjasama yang diberikan selama masa jabatannya. Dr. Munawir juga berharap agar kepemimpinan baru dapat terus meningkatkan prestasi dan kualitas pendidikan di MTs Negeri 1 Purworejo. Ia menekankan pentingnya mempertahankan tradisi yang baik sambil terus berinovasi, serta pamit untuk melanjutkan tugas baru di Madrasah Aliyah Negeri Kota Salatiga.

Sambutan kedua disampaikan oleh kepala madrasah baru, H. Wahyu Tri Wijayanto, S.Pd., M.Pd. Dalam sambutannya, beliau menyatakan bahwa rotasi dan mutasi adalah hal biasa di kalangan Aparat Sipil Negara. Beliau juga menyampaikan komitmennya untuk melanjutkan program-program yang telah dirintis oleh Dr. Munawir serta berinovasi dalam memajukan MTs Negeri 1 Purworejo. Beliau mengajak seluruh jajaran madrasah untuk bersama-sama mewujudkan visi dan misi madrasah dengan semangat kebersamaan dan kerja keras. Selain itu, beliau berkomitmen untuk mengawal proyek SBSN hingga selesai, dan meminta bimbingan serta arahan dari Kepala Kankemenag.

Kepala Kankemenag dalam sambutannya menegaskan bahwa ASN selalu siap dirotasi dan dimutasi dengan empat parameter: prestasi, dedikasi, loyalitas, dan tidak tercela. Beliau mengibaratkan, “Kopi sama, beda koki beda cara mengolahnya tetapi tujuan akhir sama.” Lima keterampilan yang harus dimiliki menurutnya adalah: direction, menjadi uswah, siap menanggung risiko, menjaga marwah lembaga, presisi, disiplin, serta terus update dan upgrade. Keputusan yang diambil harus bottom-up untuk menghindari gejolak, mengedepankan prinsip musyawarah. Beliau juga mengingatkan pentingnya tidak lengah, meskipun fisik kuat tetapi dalamnya rapuh, dan menekankan pada bina lingkungan, seperti membuat sertifikat halal secara gratis.

Acara dilanjutkan dengan penyerahan tali asih sebagai bentuk penghargaan kepada Dr. Munawir, dan ditutup dengan doa bersama. Momen ramah tamah setelah acara menjadi kesempatan bagi seluruh hadirin untuk memberikan ucapan selamat kepada pejabat baru dan melepas Dr. Munawir dengan penuh kehangatan. Serah terima jabatan ini diharapkan membawa perubahan positif dan kemajuan bagi MTs Negeri 1 Purworejo di masa mendatang.