Mengembangkan Jiwa Kepemimpinan Siswa Dengan Kegiatan LDK

Kesiswaan MTs N 1 Purworejo mengadakan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) bagi pengurus OSIS masa bakti  2020 – 2021. Kegiatan ini berlangsung tanggal  25 Oktober 2020 bertempat di MTs N 1 Purworejo.

LDK adalah pelatihan dasar tentang segala hal yang berkaitan dengan kepemimpinan. Pelatihan ini diberikan kepada  peserta yang bertujuan untuk memberikan bekal kepemimpinan sebelum terjun berorganisasi. Kegiatan tersebut dibuka oleh H. Malik, S. Pd, M. Pd.I selaku Kepala MTs Negeri 1 Purworejo. Adapun tema kegiatan LDK tahun ini adalah “Sehat, Kuat dan Siap Untuk Prestasi Terbaik”.

Kegiatan ini diikuti oleh 40 peserta dan 8 pendamping panitia dari OSIS. Peserta LDK mendapatkan lima materi dalam satu hari. Materi pertama tentang dinamika kelompok dan motivasi yang dimentori oleh Sri Setyowati, M. Psi. Materi kedua  oleh Dra. Kris Dwiningsih tentang literasi / mading. Materi ketiga oleh Muhamad Arwani, M. Pd tentang penyusunan program OSIS. Dua materi terakhir lebih banyak diberikan di lapangan, yakni materi PBB yang dimentori oleh Syaiful Imadudin, S. Pd dan materi LTUB oleh Hana Miqbal, S. Pd. Selain itu, mereka juga mendapat bimbingan langsung dari angkatan sebelumnya dalam berlatih baris berbaris.

“Kegiatan LDK tahun ini sedikit berbeda dari tahun-tahun sebelumnya dikarenakan adanya pandemi covid19, tapi yang paling berkesan bagi saya adalah semangat dan keaktifan peserta dalam mengikuti kegiatan tidak kendor dari pagi hingga acara penutupan.” tutur Wahyu Tri Wijayanto, M. Pd selaku ketua panitia LDK 2020 yang juga pembina OSIS MTs N 1 Purworejo di sela-sela kegiatan.

“Disiplin hendaknya tidak hanya dilakukan pada saat LDK saja, namun diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Menjadi seorang pemimpin tentu saja harus tegas, tangkas, dan mampu mengambil segala resiko dalam situasi terdesak sekalipun,” pungkas Wahyu.