SEJARAH SINGKAT KELEMBAGAAN

Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Purworejo biasa disebut dengan MTs N 1 Purworejo merupakan madrasah yang berciri khas Islam dan di bawah pengelolaan Kementerian Agama. Dalam perjalanannya, MTs N 1 Purworejo mengalami dua kali perubahan nama. Madrasah ini berdiri tahun 1966 oleh Kantor Departemen Agama Purworejo sebagai PGAN (Pendidikan Guru Agama Negeri). Nama PGAN ini berdasarkan Surat Keputusan Penegerian oleh Menteri Agama RI No. 63 Tahun 1967 Tanggal 21 Juni 1967 dan berlangsung selama 4 tahun.

Perubahan nama yang pertama yaitu dari PGAN selama 4 tahun menjadi MTs N Purworejo sesuai dengan Surat Keputusan Perubahan oleh Menteri Agama RI No. 16 Tahun 1978 Tanggal 16 Maret 1978. Perubahan nama tersebut menjadi langkah awal tercetusnya ide pendirian perpustakaan. Pendirian perpustakaan ini bertujuan untuk mendukung terlaksananya pembelajaran siswa madrasah dengan baik. Awal dari Perpustakaan MTs N Purworejo masih dengan kondisi seadanya sesuai dengan kondisi madrasah waktu itu.

Perpustakaan MTs N Purworejo mulai berkembang pada tahun 2001 sampai dengan sekarang. Namun kemudian perpustakaan berganti nama menjadi Perpustakaan MTs N 1 Purworejo mengikuti perubahan nama madrasah sesuai dengan Surat Keputusan Menteri Agama RI No. 810 Tahun 2017 Tanggal 03 Oktober 2017 dari MTs N Purworejo menjadi MTs N 1 Purworejo.